Support By :


http://vyzewitch.blogspot.com/

http://vyzewitch.blogspot.com/

Definisi Pasar Persaingan Sempurna

Definisi Pasar Persaingan Sempurna

pasar persaingan sempurna adalah suatu macam pasar yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

1. pembeli dan penjual sangat banyak

sertiap pembeli dan penjual tidak bisa sesukanya menentukan harga di pasar baik karena banyaknya barang yang dibeli ataupum yamg dijual. harga tidaklah bisa dipermainkan dengan hanya menambah jumlah barang yang akan dijual, karena begitu banyaknya para penjual, pembelimemiliki banyak sekali alternatif kepada siapa diaq membeli. demikian juga pembeli tidaklah dapat menawarkan harga dibawah harga pasar karena begitu dia tidak bersedia membayar harga pasar maka masih banyak sekali pembeli yang bersedia membayarnya.

2. jumlah barang yang diperjual belikan banyak dan seragam ( homogen)

ini adalah syarat penting kedua dari macam pasar ini. agar terjadi penawaran dan permintaan yang tidak dapat merubah harga pasar maka macam barangnya haruslah seragam, dalam arti para penjual hanya menjual jenis barang yang sama (kuaqlitas dan banyakanya macam produk) dengan yang lainnya (bukan dalam hal jumlah). dengan seragamnya macam barang maka pada siapa saja konsumen membeli akan sisapatinya bahwa mutu dan hartga baranganya relatif akan sama dengan para penjual lainnya. dengan syarat ini maka para pembeli dan penjual tidak bisa mempermainkan harga semau mereka.

3. bebas keluar dan masuk bagi pengusaha.

begitu bebasnya, sehingga menyebabkan pasar jenis ini dapat dimasuki kapan saja bagin para penjual, begitu juga bila mereka ingin keluar.para pembe;li akan msuk ke pasar bila kondisi pasar nmenguntungkannya, akan tetapi bila merugikannya maka ia akan keluar.

4. pengetahuan pemeli dan penjual mengenai pasar relatif sempurna

agar para pembeli dan penjual tidak semaunya merubah harga di pasar maka pengetahuan para pembeli dan penjual haruslah relatif sempurna. hal ini agar dimaksudkan para konsumen yang ingin membeli barang benar-benar mendapatkan harga yang sesuai dan sama sengan yang lainnya.

5. mobilitas sumber-sumber ekonomi relatif sempurna

pada pasar persaingan sempurna suplai barang haruslah relatif sempurna agar tidak terjadi kelangkaan barang, dalam arti tidak akan terjadi pada suatu saat dimana para penjual lainnya telah kehabisan barang sementara penjual lainnya masih memiliki barang sementara para pembeli masih sangat banyak.
tiga bagian pertama kadang disebut ciri-ciri pasar persaingan murni sedangkan dua tambaha terakhir adalah melenngkapi ciri pasar opersaingan sempurna.
sedangkan ciri umum dari pasar persaingan sempurna asalah sebagai penerima harga (price taker). harga ditentukan oleh keseimbangan umum, dan harga keseimbangan ininlah yang akan dipertahankan .jadi setiap transaksi penjual dan pembeli tidak terdapat harga keseimbangan masing-masing.

Penulis : Ferry PG ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Definisi Pasar Persaingan Sempurna ini dipublish oleh Ferry PG pada hari 7 Feb 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Definisi Pasar Persaingan Sempurna
 

0 komentar: