Support By :


http://vyzewitch.blogspot.com/

http://vyzewitch.blogspot.com/

Membuat Segitiga Pascal Dengan PHP-Javascript

script-segitiga_pascal-phpTeringat oleh salah satu kakak angkatan saya (Mas Munawar) di Teknik Elektro, salah satu Perguruan Tinggi Negeri pencetak guru di Kota Semarang, yang mana beliau telah mengembleng saya untuk menjadi Web Programmer.
Diawal perjumpaan saya dengan beliau, beliau meninggalkan salah satu pesan berharga untuk saya, yaitu “sebelum kamu menguasai script-script bahasa pemrograman, lebih baik kamu belajar untuk menguasai dan mendalami algoritma dan alur logika prosesnya, karena percuma kamu bisa membangun sistem sedemikian rupa, tetapi di dalam alur proses tersebut ada error logic didalamnya”.
Memang dalam pemrograman terdapat 2 (dua) jenis error, yaitu Error Script dan Error Logic . Jika dalam pembuatan sistem kita terdapat error script mungkin nanti ada warning di sistem saat dicompile (dijalankan dalam browser) lengkap dengan keterangan error dan line nya. Nah persoalan muncul lagi jika saat dicompile tidak terdapat error script, tetapi alur prosesnya tidak sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita, itulah yang dinamakan error logic, pusingnya lagi sistem yang kita buat tersebut menggunakan bahasa prosedural, tidak menggunakan framework, yang mana banyak function-function di dalam bahasa prosedural, dijamin langsung keringat dingin wes..heheheeee :-P (terdapat sebagian kalimat tersebut menyadur dari pembicaraan Dosen saya, Mas Mohammad Sani Suprayogi).
Oke kembali ke topik lagi ya, kakak angkatan saya tersebut pernah menguji saya, jika kamu bisa membuat alur logika dan script untuk pembuatan segitia pascal dinamis (maksudnya adalah user bisa menentukan berapa banyak baris yang akan ditampilkan), maka kamu sudah masuk ke pemrogramLevel Mendekati Menegah.
Setelah saya berusaha, memang saat itu saya sengaja tidak mencari di mbah Google, agar fair penilaian tersebut. Saya mendapatkan jawabannya.
Berikut hasil pertapaan saya, dan telah saya sedikit modifikasi, kuncinya adalah kita menggunakan array untuk melakukan perhitungan tersebut, serta saya menggunakan sedikit bantuan dengan menggunakan javascript.
1. Buat folder dengan nama belajarweb pada folder htdocs teman-teman (ditempat ane ../opt/lampp/htdocs → karena ane menggunakan linux jadi web server saya menggunakan lampp).
2. Buka text editor (notepad, dreamweaver, gedit, geany, dll), kemudian ketikkan script di bawah ini, dan simpan dengan nama segitiga_pascal.php
script segitiga_pascal.php
script segitiga_pascal.php
3. Buka browser temen-temen lalu ketikkan http://localhost/belajarweb/segitiga_pascal.php, maka tampilannya akan menjadi di bawah ini
Screenshot segitiga pascal 1
Screenshot segitiga pascal 1
4. Kita ketikkan angka 9 pada message box tersebut, maka hasilnya akan menjadi seperti berikut
Screenshot segitiga pascal 2

Intinya adalah jika teman-teman bercita-cita menjadi programmer, pengetahuan tentang script saja belum cukup, karena core dari sistem adalah algortima dan flowchart, rangka nya baru script koding.

Penulis : Ferry PG ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Membuat Segitiga Pascal Dengan PHP-Javascript ini dipublish oleh Ferry PG pada hari 19 Nov 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Membuat Segitiga Pascal Dengan PHP-Javascript
 

0 komentar: